Makanan Cemilan – Tips Memilih Cemilan Sehat

Makanan cemilan memang menjadi jenis makanan yang cukup penting, terutama untuk masyarakat yang mempunyai tingkat mobilitas tinggi. Makanan cemilan ini harus mempunyai kandungan gizi yang cukup untuk membantu melancarkan aktivitas yang kian padat. Seorang pekerja kantoran biasanya selalu disibukkan oleh pekerjaan yang bertumpuk dan terkadang sampai membuatnya “lupa” istirahat makan siang atau selalu lembur sampai larut malam. Untuk tetap bugar dan tidak mengorbankan kesehatan demi karir, sebaiknya Anda menyiapkan cemilan sehat untuk teman sehari-hari Anda, baik itu untuk menemani Anda lembur atau mengganjal perut ketika belum saatnya istirahat makan siang. Pada saat Anda memilih cemilan, sebaiknya memilih cemilan yang sehat. Memang tidak harus ideal, tetapi sebaiknya Anda memilih makanan cemilan yang kandungannya mendekati komposisi nutrisi berikut ini:

  1. Tidak lebih dari 200 kalori. Karena jumlah inilah dimana Anda cukup untuk menjaga metabolism Anda. Sehingga Anda bisa kembali bekerja dengan lebih giat.
  2. Mengandung 3 gram serat. Karena serat diolah secara lambat oleh tubuh dan bisa membantu meningkatkan asupan energy Anda. Selain itu, serat juga bisa menyerap air dan juga mengambang di dalam perut Anda. Hal inilah yang membuat kita tetap merasa kenyang. Jika kita tetap kenyang, maka kinerja kita juga tidak akan terganggu.
  3. Sedikitnya mengandung 5 gram protein. Protein bisa menghasilkan hormone di dalam tubuh yang bisa meningkatkan rasa puas di dalam tubuh kita. Untuk itu, kita membutuhkan protein untuk tetap aktif bekerja.
  4. Kurang dari 12 gram lemak. Jumlah ini akan memastikan bahwa Anda tetap mendapatkan manfaat dari lemak tetapi berat badan Anda juga tetap terjaga.

Makanan cemilan yang baik juga harus bisa dipilih berdasarkan beberapa ciri berikut ini:

  • Amati warnanya. Jika snack berwarna terlalu cerah dan mencolok, maka sebaiknya tidak Anda pilih. Karena yang mempunyai warna terlalu cerah sudah ditambah dengan pewarna yang tidak aman bagi tubuh.
  • Mencoba sample yang diberikan. Percayalah pada lidah Anda karena lidah mempunyai sensor untuk memilih mana makanan yang aman dan mana yang tidak. Jika snack yang Anda coba terasa tajam, membuat tenggorokan gatal dan membuat lidah sedikit bergetar, maka snack itu tidak aman.
  • Cium aromanya. Aroma makanan bisa Anda jadikan patokan untuk memilih snack. Jangan pilih snack yang sudah berbau tengik.
  • Perhatikan komposisi. Bahan-bahan yang terkandung di dalam kemasan harus Anda perhatikan dengan seksama.
  • Perhatikan kualitas. Hindari snack yang sudah terkontaminasi jamur. Perhatikan tanggal kadaluarsa untuk menghindari makan makanan yang sudah tidak layak makan.
  1. Terdaftar di BPOM. Cek kemasan makanan yang Anda pilih, apakah terdaftar di BPOM atau belum. Pastikan untuk memilih snack lain yang sudah terdaftar, misalnya produk dari Acefood antara lain “Chuba”, “Mr Hottest” dan “Tes”.

Leave a Reply

*

captcha *